Sunday, April 28, 2013

KEADILAN

      Semua orang pasti suka dan mengharapkan keadilan. Saya masih ingat waktu saya kecil  Ibu membagi semua hal kepada kami, anaknya dengan merata untuk menghindari anak - anaknya bertengkar dan membuat anak - anaknya merasa tidak adil dengan perlakuan orangtua.Begitu juga dalam dunia peradilan
(hukum),semua orang pasti merasa marah dan tertindas jika tidak salah kemudian dijadikan bersalah atau yang seharusnya bersalah bisa bebas karena harta yang dimiliki dan mempertanyakan di manakah keadilan itu?
Penulis kitab Amsal menyatakan bahwa seharusnya keadilan harus menjadi kesukaan orang benar. Karena keadilan itu membuat kesukaan bagi orang benar.Tentu saja demikian,karena orang yang adil tidak memiliki hal - hal yang disembunyikan dalam hatinya sehingga harus merasa bersalah pada orang lain,sebaliknya keadilan merupakan hal yang menakutkan bagi orang yang berbuat jahat.
      Karena hati dan tindakannya dipenuhi dengan kejahatan sehingga ia tidak mampu berbuat adil.Dalam terjemahan lain ayat ini juga mengandung makna " jika keadilan ditegakkan akan menimbulkan kesukaan atau kelegaan bagi rakyat kecil tetapi sangat menakutkan bagi seorang penjahat"(Contemporary English Version).
      Orang percaya dituntut untuk hidup benar, termasuk juga melakukan keadilan karena orang yang melakukan segala sesuatu dengan adil tidak memiliki hal - hal yang perlu disembunyikan dan mendatangkan sukacita sebaliknya orang yang sering berlaku tidak adil atau jahat akan takut karena ada banyak hal yang mereka sembunyikan. Apakah anda termasuk orang yang suka melakukan keadilan atau justru sebaliknya?