Sunday, March 17, 2013

MENGHITUNG HARI - HARI.

"Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, sehingga kami beroleh hati yang bijaksana."

               kehidupan memang suatu misteri.ada yang kelihatan sehat tetapi hidup cuma sebentar tetapi ada yang berpenampilan sakit tetapi bisa hidup sampai tua.Hari-hari yang sudah lewat membuktikan semua itu, Saat manusia tidak bisa melihat apa yang akan terjadi di waktu-waktu selanjutnya, 1 detikpun tidak.


                Pemazmur dalam mazmur 90 sangat menyadari proses tersebut.Baginya, kehidupan manusia hanyalah sebagian kecil yang ada dalam lingkupan kuasa ALLAH.Hidup manusiapun adalah hari-hari yang singkat.Orang jawa menyebutnya "urip mung mampir ngombe"(hidup itu ibarat mampir untuk minum alias singkat).Pemazmur menyadari benar bahwa manusia bukan apa-apa di bandingkan dengan ALLAH.Berapa lama anda ingin hidup di dunia ini?

           Chairil Anwar, seorang penyair pernah mengungkapkan demikian "aku ingin hidup seribu tahun lagi....."Namun persoalannya, untuk apa hidup selama itu? Bukankah semua manusia pada akhirnya akan meninggalkan dunia ini dan semua yang sudah di capai di dunia? Pemazmur juga mengajarkan untuk senantiasa menghitung hari-hari, supaya manusia menjadi bijaksana, bukan malah semakin pongah. Dengan menghitung hari-hari pemberian tersebut,manusia bisa melihat kebelakang dan menemukan berapa banyak waktu hidup yang telah di jalani dengan bijaksana serta membawa berkat bagi orang lain.Maka, pergunakanlah hari-hari sisa hidup kita dengan bijaksana.jika kiranya tujuhpuluh tahun sudah Tuhan percayakan kepada kita, siapa tahu Tuhan akan mempercayakan sepuluh tahun lagi untuk dijalani dengan bijaksana dan membawa berkat bagi banyak orang.Siapkah kita mempertanggungjawabkan hidup dan menjadi bijaksana?