Sunday, March 31, 2013

KANDUNGAN DAN MITOS ES KRIM.

    Di balik kelembutan dan rasa manisnya, Es Krim memiliki beberapa fakta gizi yang tak terduga.Keunggulan es krim didukung oleh bahan baku utama : susu tanpa lemak, lemak susu. susu dianggap disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena kandungan zat gizi yang lengkap.
    Para peneliti menemukan lebih dari 100.000jenis molekul yang
terkandung di dalam susu.Selain air dan lemak, molekul-molekul tersebut mencakup protein, karbohidrat, mineral, enzim-enzim, gas dan vitamin A,C, dan D.Terdapat beberapa peneliti nenyatakan bahwa susu termasuk golongan pangan fungsional.
    Menurut Prof Dr Made Astawan Ahli teknologi pangan dan gizi, susu mengandung beberapa komponen bioaktif yang memiliki efek kesehatan yang signifikan.Komponen bioaktif pada susu adalah protein susu, laktosa, asam-asam lemak dan mineral, terutama kalsium.Hal ini menyebabkan produk-produk turunan susu juga masih memiliki efek fungsional terutama Es Krim.
Sebagian besar komponen dalam susu telah di ketahui fungsinya secara biologis oleh tubuh. komponen yang telah di ketahui oleh tubuh adalah Alfa-Laktalbumin, Beta-laktoglobulin, Imunogobulin, laktoferin, dan Glikomakropeptida.
    Laktoferin adalah Glikoprotein pengikat zat besi, memiliki peran sebagai zat pertahanan tubuh nonspesifik terhadap patogen.Salah satu komponen dair golongan Karbohidrat yang telah di teliti fungsinya adalah Laktosa. Laktosa akan menambah cita rasa dan mempertahankan rasa enak pada Es Krim.
Bahan lain yang turut menyusun Es Krim adalah gula, pengemulsi, dan penstabil. jenis gula yang sering di
gunakan adalah sukrosa, berfungsi untuk memperbaiki tekstur, meningkatkan kekentalan dan memberi rasa manis.

MITOS ES KRIM.

Mitos :   Es Krim biang keladi kegemukan.
FaktaKegemukan disebabkan oleh energi dan lemak yang berlebihan serta kurangnya aktivitas fisik. Sementara itu takaran Es Krim Per saji sangat kecil, yaitu sekitar 10 persen dari total kebutuhan energi per hari dan 15 persen dari total kebutuhan lemak per hari.

Mitos :   Es Krim penyebab batuk dan pilek.
FaktaEs Krim cepat meleleh pada saat masuk ke tenggorokan, karena pengaruh suhu tubuh.jadi ketika es krim masuk ke kerongkongan suhunya tidak sedingin air es. penyebab batuk dan pilek adalah terutama virus dan alergen pada anak-anak yang mempunyai sifat alergi bawaan.

Mitos :   Es Krim menyebabkan gigi berlubang.
Fakta Gigi berlubang di sebabkan oleh fermentasi sisa karbohidrat dan glukosa yang tertinggal pada gigi.di anjurkan minum air putih, berkumur, atau menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan manis seperti Es Krim

No comments:

Post a Comment