Monday, March 18, 2013

WAH, TIAP HARI ANAK DENGAR 432 KATA NEGATIF

         Bagi anak-anak, orang tua adalah role model yang sempurna dalam kehidupannya. Oleh karena itu orang tua sudah selayaknya membimbing anak agar menghasilkan anak yang baik.

         Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Task Force For Responsibilities di amerika,dalam satu hari anak-anak mendengar sekitar 423 kata negatif dari orang tuanya. Ironisnya kata-kata positif yang di dengar anak dari orang tuanya sekitar 32 kata per hari.



          Hal ini sangat disayangkan karena tidak seharusnya orangtua mengeluarkan kata-kata negatif untuk alasan apapun. Kata-kata memiliki dampak psikologis yang sangat kuat pada perkembangan pribadi anak.Meski nak-anak sering nakal namun mereka tidak seharusnya menerima umpatan dari orangtuanya. ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua untuk memberi tahu anak-anak ketika mereka nakal,misalnya memilih kata-kata yang mendidik agar anak-anak mengerti bahwa perbuatan mereka salah, dan bukan menerima perlakuan tersebut.

         Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa kata-kata negatif yang sering mereka dengar akan berakibat terhambat perkembangan psikologi anak dan membuat anak menjadi stres.sekitar 8 dari 10 anak tidak tahan terhadap kata-kata yang menyakitkan akhirnya menurunkan kepercayaan diri serta kemampuan bersosialisasi.

       Karena itu, untuk itu para orangtua berhati-hatilah dengan kata-kata yang di sampaikan kepada anak anda. Karena anak usia 5-12 tahun anak sudah mampu menyerap berbagai informasi dan kata-kata  dari orang tuanya.

No comments:

Post a Comment